Monday 15 May 2017

PENGEDAR SHAKLEE BINTULU : 5 Aturan 'Makan Bersih' agar Tubuh Selalu Sehat dan Berat Ideal


5 Aturan Makan Bersih agar Tubuh Selalu Sehat dan Berat Ideal Dok. Thinkstock
Jakarta - Clean eating kini menjadi salah satu alternatif diet sehat yang cukup booming di kalangan health enthusiast. Pola makan berbasis wholefood, tanpa pestisida, tanpa bahan pengawet dan perasa buatan diyakini bisa membantu tubuh dapatkan nutrisi terbaik dari makanan untuk sehat dalam waktu lama sekaligus bantu dapatkan bentuk tubuh ideal.

"Ketika kita sehat maka tubuh akan mencari sendiri berat badan idealnya," ujar praktisi yoga dan food combining Erikar Lebang.

Menjalani clean eating tak sekadar makan makanan yang kaya nutrisi dan rendah kalori. Ada beberapa ketentuan yang perlu diikuti agar Anda bisa 'makan secara bersih' dan tubuh pun mendapatkan manfaat yang optimal dari makanan yang Anda asup. Seperti apa clean eating yang sebaiknya diterapkan?

1. Pilih Makanan yang Tidak Diproses Pabrik
Makanan hasil olahan pabrik biasanya mengandung banyak gula, garam, lemak serta bahan-bahan kimia. Bentuk aslinya juga telah banyak berubah sehingga nutrisi yang diserap tubuh pun berkurang drastis. Maka dari itu perbanyaklah makanan utuh yang belum mengalami banyak pemrosesan seperti buah dan sayur segar, biji-bijian, kacang-kacangan, telur ayam kampung, gandum utuh, beras merah, daging organik, susu yang berasal dari sapi organik dan minyak tumbuhan (minyak zaitun, canola, minyak kelapa murni).

2. Usahakan Organik
Anda tidak perlu memaksakan untuk mengonsumsi makanan yang 100 persen organik, namun setidaknya 50-60 persen dari keseluruhan bahan makanan yang Anda gunakan. Organik, berarti bahan makanan tersebut bebas pestisida, ditanam di lahan yang tidak merusak lingkungan, bebas rekayasa genetik dan ditanam secara natural oleh petani lokal.

3. Makan Secukupnya
Sesehat apa pun makanan, apabila mengonsumsinya secara berlebihan efeknya tetap tidak baik bagi tubuh. Makanlah dengan porsi sesuai kebutuhan dan perbanyak asupan seratnya. Marisaa Lippert, RD, pemilik Nourish Kitchen + Table menyarankan untuk membagi piring menjadi seperlima. Tiga perlima bagian haruslah diisi dengan sayur dan buah, sementara satu perlima bagian protein, dan satu perlima sisanya karbohidrat kompleks.

4. Teliti Sebelum Membeli
Menerapkan clean eating, bukan berarti Anda harus selalu menyuplai bahan makanan dari petani lokal langsung atau menanamnya di pekarangan rumah. Jika tinggal di kota besar, hal tersebut tentu sulit untuk dilakukan. Solusinya adalah berbelanja di supermarket yang khusus menjual bahan-bahan organik atau teliti membaca informasi gizi pada tabel kemasannya. Lihat juga daftar bahan-bahannya, pilihlah produk yang tidak mengandung terlalu banyak bahan atau istilah asing. Semakin sedikit daftar bahan yang tertera dan Anda kenali istilahnya di kemasan berarti produk tersebut lebih alami dan tidak mengandung pewarna serta perasa buatan.

5. Cara Memasak
Proses memasak bisa mengubah kandungan nutrisi di dalam makanan tapi tidak selalu berarti buruk. Sejumlah nutrisi mungkin akan hilang jika dipanaskan seperti vitamin C atau lycopene. Jadi akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan secara mentah segar. Namun jika tidak terbiasa, Anda bisa memasak dalam waktu cepat misalnya mengukus brokoli atau wortel hanya beberapa menit saja. Bisa juga menumis sayuran dan bahan hewani dengan sedikit minyak, namun waktunya tetap dibatasi paling lama 10 menit. Hindari memasak dengan cara deep frying atau merebus dalam waktu lama karena bisa menghilangkan nutrisi serta kandungan seratnya. Gunakanlah bumbu-bumbu alami yang berasal dari rempah-rempah segar seperti kunyit, kencur, lengkuas, bawang merah-bawang putih, jahe, kemiri, merica, dan sebagainya. Hindari menggunakan bumbu siap pakai karena umumnya mengandung bahan pengawet, perasa dan pewarna buatan.

(hst/fer)
 
***jika anda berminat menjadi ahli shaklee atau inginkan penerangan lebih lanjut, atau ingin membeli anda boleh hubungi saya melalui :_


UMMI ZUBARI
SID 892671
 
atau, jika anda berminat untuk berjumpa atau mendapatkan produk shaklee ini, saya adalah pengedar aktif shaklee di BINTULU, SARAWAK….POS SELURUH MALAYSIA, BRUNEI, SINGAPORE….
 

No comments:

Post a Comment